Gejala Flek Pada Anak Dan Cara Pengobatan

gejala-flek-pada-anak-dan-cara-pengobatan

Berikut Gejala Flek Pada Anak

  1. SAKIT & DEMAM LAMA BERULANG

Gejala Flek Pada Anak – Beberapa ahli kesehatan selanjutnya berpendapat bahwa demam sesungguhnya adalah mekanisme tubuh si anak yang sedang memperkuat dirinya dari serangan penyakit luar. Setelah demam terlewati biasanya anak terlihat lebih segar, banyak makan dan kuat. Demam biasa ada sebab jelasnya seperti flu, adanya peradangan, Diare dsb. Akan tetapi bila demam berlangsung lama dan berulang-ulang tanpa sebab yang jelas, Bunda perlu mempertimbangkan bahwa ini boleh jadi gejala flek. Di samping itu semakin hari anak semakin terlihat kurus dan lesu.

  1. SERING BATUK TANPA SEBAB

Gejala Flek Pada Anak – Batuk yang sering terjadi pada anak dalam jangka waktu yang lama, bisa dipertimbangkan sebagai salah satu gejala Flek. Apalagi diketahui di salah satu keluarga (paman, kakek, bibi) ada yang mengidap TBC. Bagaimanapun batuk juga bisa akibatnya alergi alergi jenis protein (telur, udang, dll).

  1. KERINGAT MALAM

Gejala Flek Pada Anak – Bayi atau anak yang berkeringat banyak pada malam hari. Bunda harus bisa membedakan keringat biasa dengan keringat akibat gejala Flek. Caranya adalah perhatikan suhu ruangan bila suhu ruangan normal anak berkeringat itu hal biasa oleh karena itu anak lebih mudah berkeringat dalam tidur sebab dalam masa pertumbuhan. Sebaliknya suhu udara dingin dan anak Bunda banyak berkeringat, boleh jadi ini adalah gejala awal Flek.

  1. PEMBESARAN KELENJAR DI LEHER

Gejala Flek Pada Anak – Ciri yang khas pembesaran kelenjar oleh flek atau TB adalah kelenjar teraba lebih dari satu, diameter berkisar 1 cm. Untuk kanker kelenjar getah bening adalah ditemukan pula pembesaran di bagian2 tubuh yang lain, seperti di lipat paha, ketiak, atau pembesaran limpa. Ada juga TB jenis lain, yang sering muncul mirip abses atau bisul pada leher dan sekitar leher yang sulit sembuh, lebih dari satu, pikirkan juga kemungkinan TB. Jika ada luka di sekitar kepala karena benturan, lecet, sariawan, sakit gusi dsb, maka Bunda tidak perlu khawatir, Benjolan itu adalah kelenjar getah bening yang memang bermanfaat untuk membentuk pasukan pertahanan untuk melawan infeksi yang ada disekitarnya

  1. KURUS & SULIT MAKAN

Gejala Flek Pada Anak – Masalah ini mungkin paling sering dikeluhkan, dan paling dikaitkan dengan gejala flek/TB. Tidak salah, tapi juga belum tentu benar. Karena Kurus bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada anak. Semisal terlalu bergantung pada susu formula dan tidak mau makan. Jika anak (dirasa) sudah cukup mendapat asupan nutrisi, namun tetap kurus. Ini mungkin berkaitan dengan kasus TB.

TB Pada Bayi Bisa Menyebar

Kondisi bayi yang kekebalan tubuh alaminya belum sempurna rentan terkena flek paru-paru. Bayi yang menderita TBC berisiko lebih berat ketimbang orang dewasa. Pada orang dewasa TB akan terlokalisasi hanya di pari-paru karena kekebalan tubuh orang dewasa telah sempurna. Sementara pada bayi dan anak-anak, bakteri bisa menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh sehingga bisa menyebabkan terjadinta TB hati, TB tulang, TB selaput otak atau meningitis pada anak. Karena itu, flek paru-paru pada anak harus diobati secepatnya bila sudah terdeteksi.

Pengobatan Penyakit Flek Pada Anak

  • Pada anak yang mengalami gejala tersebut biasanya dilakukan salah satu tes, yakni tes Mantoux  untuk mendiagnosis TB.
  • Bila setelah tes dilakukan dan hasilnya mengindikasikan telah positif terjangkit kuman TB dan menderita tuberkulosis, maka langkah selanjutnya yang harus diambil adalah memberikan serangkaian tes pada sang anak. Rontgen merupakan salah satu dari serangkaian tes tersebut. Rontgen bertujuan untuk memeriksa keadaan paru apakah terdapat bercak putih. Tes darah juga merupakan tes lainnya yang perlu dijalani penderita apabila hasil dari pengujian Mantoux mengindikasikan positif terjangkit kuman TB.

Tes Mantoux merupakan tes yang harus dilakukan dengan penuh ketelitian. Bahkan jika hasilnya adalah negatif, dokter harus tetap waspada karena bisa saja itu merupakan tanda negatif palsu yang disebabkan karena kondisi tubuh anak sangat buruk.

Untuk meminimalisir penularan kuman TB pada anak

  • Terapkan gaya hidup sehat dengan berikan zat-zat kekebalan tubuh sejak lahir seperti ASI dan hindari kontak fisik dengan penderita TB yang masih terinfeksi aktif.
  • Selain itu, beri nutrisi dengan gizi makanan yang seimbang,
  • Menjaga kebersihan dan kesehatan rumah dan lingkungan
  • Tanyakan ke dokter untuk pemberian imunisasi BCG agar bayi memiliki imun (pertahanan) terhadap serangan bakteri TB.

Pengobatan penyakit flek paru-paru pada anak berbeda dengan pengobatan orang dewasa. Umumnya dokter akan memberikan obat yang harus dikonsumsi selama 6 bulan , dan bisa ditambah lagi selama 3 bulan untuk mencegah kambuhnya penyakit. Pengobatan flek paru-paru ini harus dilakukan secara rutin dan tidak boleh terhenti sebelum waktu yang seudah ditentukan oleh dokter. Karena jika pengobatan terhenti maka bakteri dapat menyerang lagi dan menjadi kebal terhadap obat.

Selain dengan obat-obatan dokter, Anda juga dapat menggunakan obat-obatan herbal sebagai cara penyembuhan flek anak yang lebih aman. Berikanlah Obat herbal flek pada anak yang berkhasiat meningkatkan kekebalan atau antibodi tubuh anak, menambah nafsu makan anak, mengurangi ataupun menghilangkan gejala-gejala penyakit serta dapat mempercepat proses penyembuhan ataupun menumpas bakteri secara tuntas sehingga Gejala Flek Pada Anak tidak kambuh lagi.

Semoga Bermanfaat Ya Bunda…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s